Sunday, February 22, 2015

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Warisan Leluhur

Banyak petuah-petuah orang tua dulu yang sangat baik untuk menjaga kesehatan, termasuk untuk menjaga kesehatan pencernaan. Sekalipun petuah petuah tersebut banyak yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah pada masa itu, namun terbukti berkhasiat. Dan pada masa kini banyak petuah petuah orang dulu yang berhasil dibuktikan secara ilmiah.

Nah, berikut ini merupakan 3 nasehat orang tua dulu untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dan bisa dipastikan mereka yang hidup setidaknya di zaman 90-an masih mendengar nasihat ini.

1 - Kalo Susah BAB, makanlah pepaya

Ketika sulit BAB, tentu ada masalah yang terjadi pada pencernaan kita. Jangan biarkan berkelanjutan ketika menghadapi kondisi ini. Selalu waspada, karena sulit BAB bisa juga mengindikasikan usus yang bermasalah, atau organ lain yang bermasalah. Namun tentu kita tidak asing dengan salah satu produk yang berhubungan dengan masalah pencernaan bukan? Dan dalam iklan tersebut alasan sulit BAB sudah sangat jelas, yaitu karena kekurangan serat.

Memang benar, masalah pencernaan sangat erat kaitannya dengan kekurangan serat. Nah wasiat atau pesan orang tua dulu ketika sulit BAB adalah dengan mengonsumsi pepaya. Dan ternyata benar, bahwa pepaya mengandung banyak serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Rasanya yang manis, meskipun sedikit menjijikan bagi sebagian orang, entah dari bau atau teksturnya, namun khasiat buah pepaya sangatlah terbukti, khususnya memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh.

2 - Makanlah Sayur Bening

Sayuran bening yang biasanya berisikan sayur hijau dengan kuah bening ini merupakan sayur yang dimasak dengan simpel, namun jangan dikira khasiatnya tidak ada. Sayur bening selalu menjadi andalah orang tua dulu untuk memperlancar pencernaan selain menggunakan khasiat buah pepaya.

Sayuran hijau yang terkandung dalam sayur bening sebenarnya tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, namum juga kesehatan organ tubuh lain. Ya serat dan kandungan dalam sayuran hijau merupakan kandungan yang  wajib dikonsumsi setiap harinya untuk kesehatan tubuh kita. Itulah sebab mengapa orang tua dulu memberikan sayur bening untuk mengatasi kesehatan pencernaan.

Nah itulah beberapa nasihat atau petuah orang tua dulu yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan pencernaan. Penting untuk diperhatikan, dibanding menggunakan bahan kimia yang tidak jelas pasti apakah 100% herbal atau tidak. Lebih baik menggunakan yang 100% alami dan tanpa pengolahan pabrik. Apalagi buah pepaya dan serat pada sayur bening sudah terbukti ampuh sejak dulu untuk memperlancar saluran pencernaan yang tersendat akibat kekurangan serat.

Jadi, gunakan nasihat tersebut untuk mendapatkan solusi masalah pencernaan Anda, semoga tips kali ini bermanfaat ya.

No comments:

Post a Comment